Manfaat Sertifikasi ISO 22000 Bagi Perusahaan

Manfaat ISO 22000 Bagi Perusahaan

Manfaat Sertifikasi ISO 22000 Bagi Organisasi


ISO 22000 merupakan standar internasional untuk Sistem Manajemen Keamanan Pangan. Sistem ini bisa di implementasikan dan di terapkan di organisasi yang bergerak di bidang makanan, pertanian serta di peternakan. Sistem Manajemen Keamanan Pangan ISO 22000
Tujuan utama dari sistem ini adalah memberikan sebuah standar khusus terhadap makanan dan minuman yang diproduksi sehingga dapat meningkatkan kepercayaan kepada konsumen terhadap makanan dan minuman. Sistem manajemen keamanan pangan merupakan bagian penting sebagai salah satu permintaan pelanggan yang menginginkan keamanan makanan dan pengelolaannya harus berdasarkan bahan - bahan yang baik dan aman untuk di konsumsi.

Saat ini di indonesia perkembangan di dunia pangan sangat cepat dan pesat, seiring dengan berkembangnya industri pangan tersebut terdapat masalah - masalah yang timbul akibat dari olahan makanan dan minuman tersebut.
Di negara - negara maju seperti amerika dan di eropa sudah mengantisipasi permasalahan ini dengan cara menerapkan Sistem Hazard Analysis & Critical Control Points yang disingkat menjadi HACCP. Bagi perusahaan - perusahaan yang ingin dan berniat menjual produk mereka ke negara - negara maju maka mereka harus sudah menerapkan Sistem Manajemen Keamanan Pangan ini. Metode ini hanya berfungsi sebagai Risk analysis, Untuk menyederhanakan dan mempercepat proses tanpa harus mengorbankan kualitas dan sistem manajemen lain maka di butuhkan Standar ISO 22000. 

Adapun Manfaat ISO 22000 Bagi Perusahaan dan Organisasi adalah sebagai berikut :


  • Memberikan dan menjamin keamanan produk yang dihasilkan oleh industri
  • Dapat meningkatkan kepuasan dan kepercayaan pelanggan
  • Mampu meningkatkan produktivitas dan efisiensi organisasi / perusahaan
  • Dapat meningkatkan kualitas pekerja atau sumber daya manusia
  • Dapat menjamin sistem perbaikan yang berkelanjutan
  • Dapat menjadi media untuk pengambilan keputusan yang faktual
  • Mampu meningkatkan hubungan yang saling menguntungkan dengan para pemasok

"Baca Juga : Manfaat Sertifikasi OHSAS 18001"


No comments:

Post a Comment