Cara Mudah Mendapatkan Sertifikasi ISO

Langkah - Langkah Mudah Mendapatkan Sertifikasi ISO

Badan Sertifikasi ISO di Jakarta - Untuk mendapatkan sertifikasi ISO sangatlah mudah dan tidak sesulit apa yang anda bayangkan, ada beberapa tahapan yang harus dilalui oleh organisasi yang ingin meraih sertifikat ISO.

Organisasi yang sudah meraih sertifikat iso sudah tentu akan terjamin kualitas barang dan jasa yang ditawarkan. Tentu hal ini membuat konsumen tidak ragu lagi untuk menggunakan produk dan jasa dari organisasi yang sudah mempunyai sertifikat ISO.

Apabila saat ini organisasi mempunyai rencana ingin mendapatkan sertifikat ISO kami sarankan sebaiknya anda menggunakan jasa konsultan ISO agar dapat bertukar pikiran dan mendapatkan bimbingan. Tujuannya adalah agar mempermudah organisasi di dalam mempersiapkan berbagai macam kebutuhan yang diperlukan, seperti mempersiapkan dari dokumen yang dibutuhkan hingga lain sebagainya. Berikut beberapa tahapan dalam meraih sertifikat ISO.

1. Kick off meeting dan Gap Analysis
Di tahap awal ini organisasi mengadakan kick off meeting sebagai langkah awal pelaksanaan program dan juga langkah mensosialisasikan program kepada seluruh karyawan. Karyawan harus berkomitmen serta dapat mengetahui gambaran awal dari kegiatan ISO yang akan dilaksanakan.
Setelah itu lakukan Gap Analysis agar dapat mengetahui adanya kesenjangan antara persyaratan dengan sistem manajemen ISO sesuai dengan kondisi organisasi. Dengan adanya konsultan ISO akan sangat membantu organisasi melakukan analisis proses, dokumentasi dan lain sebagainya.

2. Penyusunan Dokumen serta pemenuhan persyaratan ISO
Apabila organisasi menggunakan jasa konsultan ISO akan memberikan kemudahan karena konsultan akan memberikan informasi ke anda tentang dokumen apa saja yang diperlukan sebagai bagian dari persyaratan mendapatkan sertifikat ISO



3. Sosialisasi, Penerapan Standar dan Prosedur
Setelah dokumentasi dan desain sistem manajemen ISO selesai langkah selanjutnya ialah menginformasikan dan memberikan penghargaan serta pujian kesemua pihak yang sudah terlibat lalu dilanjutkan dengan sosialisasi prosedur dan instruksi kerja yang berlaku pada sistem manajemen ISO dan harus betul betul dipahami setiap karyawan.

4. Evaluasi sistem Manajemen
Di tahap evaluasi ini perlu di laksanakan audit internal namun di awali dengan training internal audit ISO terlebih dulu. Dengan melaksanakan kegiatan tersebut diharapkan nantinya pada proses audit dapt mencapai hasil yang sesuai dengan keinginan dan sesuai harapan.
Internal audit sangat penting untuk dilakukan karena akan membantu memberikan penilaian kesesuaian, evaluasi efektivitas serta identifikasi kemungkinan perbaikan. Tidak hanya itu saja audit internal berfungsi sebagai bahan perbandingan sistem mutu dengan persyaratan berstandar yang berlaku. Lalu hasil audit disampaikan dalam rapat tinjauan manajemen untuk melakukan perbaikan selanjutnya.

5. Pelaksanaan Sertifikasi
Apabila semua persiapan sudah selesai selanjut adalah mengundang badan sertifikasi ISO, untuk menilai sistem manajemen ISO yang ada di organisasi. Auditor eksternal akan melakukan audit di perusahaan anda Namun jangan khawatir jika ada temuan yang bersifat minor atau observasi hal tersebut bisa di perbaiki nantinya sehingga perusahaan anda bisa mendapatkan sertifikat ISO.

Demikianlah sedikit penjelasan dari kami tahapan apa saja yang harus dilaksanakan dalam mendapatkan sertifikat ISO dengan mudah, semoga bermanfaat.
 Baca Juga : Biaya Sertifikasi ISO

No comments:

Post a Comment