Manfaat Sertifikasi OHSAS 18001 - Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Manfaat Sertifikasi OHSAS 18001 - Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Manfaat Sertifikat OHSAS 18001


Jasa Sertifikasi ISO - OHSAS 18001 adalah standar internasional Sistem Manajemen Kesehatan & Keselamatan Kerja atau biasa disingkat Manajemen K3. SMK3 dan OHSAS 18001 hampir memiliki tujuan yang sama yaitu untuk menciptakan kesehatan kerja dan mencegah terjadinya kecelakaan akibat kerja maupun kecelakaan kerja. Apabila organisasi tidak menerapkan sistem manajemen K3 maka hal ini tentu saja akan mengakibatkan kerugian ekonomis bagi organisasi tersebut baik secara materil maupun non materil seperi menjadi buruk citra yang organisasi tersebut.

Manfaat OHSAS 18001

Ikut Mematuhi Peraturan Pemerintah
Bagi perusahaan atau organisasi yang sudah menerapkan OHSAS 18001 berarti telah mematuhi regulasi/peraturan pemerintah indonesia. Pemerintah akan memberikan sangsi bagi organisasi atau perusahaan yang tidak menerapkan OHSAS 18001 karena dianggap telah lalai dalam memberikan perlindungan terhadap pekerjanya.

Melindungi Pekerja
OHSAS 18001 bertujuan untuk melindungi pekerja dari segala macam bahaya kerja juga gangguan yang bisa merusak kesehatan kerja. Dengan melaksanakan OHSAS 18001 berarti organisasi / perusahaan sudah mematuhi peraturan dari pemerintah indonesia, Dengan melindungi pekerja dengan menerapkan sistem manajemen K3 OHSAS 18001 maka perusahaan akan mendapatkan keuntungan karena para pekerja bisa meningkatkan produtivitasnya.

Meningkatkan kepercayaan Pelanggan
Bagi organisasi atau perusahaan yang sudah menerapkan OHSAS 18001 maka organisasi/perusahaan bisa menjamin bahwa proses yang dilakukan aman, tertib dan bersih sehingga mampu meningkatkan kualitas dan dapat mengurangi cacat produksi. Maka secara otomatis bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan dan pelanggan bisa mempercayai dan meyakini bahwa prosedur yang dilakukan sudah bagus serta produksi bisa terus berlanjut.


Membuat Sistem Manajemen Efektif
Didalam penerapan OHSAS 18001 tidak jauh berbeda dengan penerapan sistem manajemen ISO lainnya, yang dimana semua tindakan terdokumentasi secara baik. Apabila adanya dokumentasi yang lengkap hal ini dapat memudahkan untuk melakukan perbaikan - perbaikan apabila ditemukan alur kerja yang tidak sesuai. OHSAS 18001 dikembangkan agar kompatibel dengan standar ISO 9001 dan ISO 14001.

"Baca Juga : Manfaat Sertifikasi ISO 14001"

No comments:

Post a Comment