Sasaran Mutu ISO 9001:2015 di Organisasi

Sasaran Mutu ISO 9001:2015


Sertifikasi ISO 9001 - Organisasi dan perusahaan yang menerapkan dan mengimplementasikan sistem manajemen mutu ISO 9001 harus memiliki sasaran mutu, ini merupakan bagian paling penting dan menentukan kearah mana organisasi dan perusahaan didalam tenggang waktu selama satu tahun kedepan.

Didalam sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 terdapat beberapa kriteria yang harus dipenuhi terkait dengan bagaimana organisasi dan perusahaan didalam perencanaan dan membangun sasaran mutunya.


Sasaran mutu sesuai dengan kebijakan mutu organisasi.

Didalam membuat sasaran mutu haruslah sesuai dengan apa yang sudah menjadi komitmen organisasi dan perusahaan terhadap sistem manajemen mutu ISO 9001 yang sudah ditulis didalam kebijakan mutu, misal didalam kebijakan mutu ada komitmen untuk meningkatkan produk dan layanan yang dihasilkan, maka dari itu organisasi dan perusahaan harus membuat sasaran mutu yang terkait dengan peningkatan produk dan jasanya. Dengan demikian komitmen di kebijakan mutu akan bisa dipantau dan diukur. 


Sasaran mutu yang dibuat perlu mempertimbangkan konteks organisasi

Membuat sasaran mutu perlu mempertimbangkan isu internal, eksterna dan juga pihak yang berkepentingan terkait dengan produk dan jasa organisasi, konteks organisasi sangat bisa mempengaruhi kinerja organisasi di masa mendatang sehingga menjadi penting bagi organisasi dan perusahaan untuk mempertimbangkan konteks organisasi didalam membuat sasaran mutu.


Sasaran mutu harus dibuatkan action plan
Sasaran mutu yang telah dibuat harus ada pelaksanaannya atau action plan atau activity plan yang berisi rencana – rencana operasional divisi dan departemen, bagaimana agar dapat mencapai sasaran mutu yang sudah di buat, action plan berisi apa, kenapa, siapa, dimana dan kapan serta bagaimana setiap action plan ini dijalankan, sehingga action plan yang telah dibuat benar – benar bisa dilaksanakan dengan baik.

Baca Juga : Cara Mudah Meraih Sertifikasi ISO

Sasaran mutu perlu disosialisasikan dan diimplementasikan dalam semua level di organisasi

Sasaran mutu yang sudah dibuat dan disepakati bersama selanjutnya ialah mensosialisasikan dan juga mengkomunikasikan di organisasi dan perusahaan sesuai dengan level di organisasi, sosialisasi dan komunikasi ini sangat penting agar semua karyawan mengerti dan paham serta tahu bagaimana kontribusi mereka terhadap pencapaian sasaran mutu organisasi. 

Sumber : 
https://www.iso.org/iso-9001-quality-management.html
https://id.wikipedia.org/wiki/ISO_9001

https://argus-l.blogspot.com

No comments:

Post a Comment