Sertifikasi OHSAS 18001 - Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Sertifikasi OHSAS 18001 - Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)

Pengertian
OHSAS 18001 merupakan sebuah standar internasional yaitu Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Tujuan dari Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (OHSAS 18001) adalah agar dapat melindungi pekerja dari hal - hal yang tidak dinginkan serta dari resiko pekerjaan yang dilakukan. Apabila suatu organisasi sudah menerapkan dan memperhatikan keselamatan dan kesehatan kerja yang dilakukan maka anggapan buruk terhadap organisasi atau perusahaan tersebut sudah bisa terbantahkan karena adanya sertifikasi OHSAS 18001 karena sudah menerapkan Keselamatan dan Kesehatan kerja. 

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa saat ini banyak sektor usaha yang sudah berjalan baik industri kecil, menengah maupun besar yang saat ini sudah beroperasi di indonesia , hal ini tentu juga sangat berpengaruh besar kepada para pekerja yang bekerja di tempat tersebut. 
Secara tidak langsung hal ini dapat mengganggu kesehatan pekerja dan membahayakan keselamatan pekerja di tempat tersebut. Sehingga demikian dengan adanya Sertifikasi OHSAS 18001 ini nanti nya para pekerja tidak lagi harus memikirkan segala bentuk biaya yang harus ditanggung ketika memang mengalami sebuah kecelakaan ataupun biaya untuk mengobati gangguan kesehatan yang timbul akibat dari pekerjaan yang dilakukan. 

Siapa Pengguna OHSAS 18001

  • Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja OHSAS 18001 ini bisa diterapkan di seluruh organisasi maupun perusahaan tanpa melihat besar atau kecilnya perusahaan tersebut dan letak geografis atau lokasi organisasi/perusahaan anda berada. 
  • Organisasi yang ingin menerapkan dan ingin membangun Sistem manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja serta berkomitmen untuk menghapus serta meminimalkan resiko bagi para pekerja.
  • Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja OHSAS 18001 ini dapat diterapkan di seluruh organisasi maupun perusahaan yang memiliki komponen - komponen yang di syaratkan oleh OHSAS 18001 yang dapat saling melengkapi untuk membuat lebih baik sistem manajemen terpadu.

Pentingnya OHSAS 18001

Bagi organisasi atau perusahaan yang menerapkan OHSAS 18001, dapat meminimalisir kemungkinan terjadinya kecelakaan kerja serta penyakit akibat kerja. Sehingga dapat menurunkan biaya operasional organisasi untuk mengeluarkan biaya pengobatan dan kompensasi kecelakaan.

Manfaat Sertifikasi OHSAS 18001

  • Melindungi pekerja
    Melindungi pekerja dari hal - hal yang tidak dinginkan serta dari resiko pekerjaan yang dilakukan. Dengan menerapkan sistem manajemen K3 OHSAS 18001dapat menurunkan biaya operasional organisasi untuk mengeluarkan biaya pengobatan dan kompensasi kecelakaan serta meningkatkan produktivitas pekerja dan keuntungan bagi perusahaan.
  • Mematuhi peraturan pemerintah 
    Pemerintah Indonesia telah membuat dan mengatur tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja, dengan menerapkan OHSAS 18001 berarti organisasi atau perusahaan tersebut telah mematuhi peraturan yang telah dikeluarkan. Bagi organisasi yang tidak menjalankan OHSAS 18001 maka akan diberi sangsi oleh pemerintah karena dianggap telah lalai dalam melindungi pekerjanya.
  • Meningkatkan kepercayaan konsumen 
    Organisasi yang menerapkan OHSAS 18001 dapat menjamin sebuah proses yang bersih dan aman sehingga kualitas meningkat dan produksi yang cacat dapat berkurang. Bagi organisasi yang sudah menerapkan OHSAS 18001 dapat meyakinkan konsumen bahwa prosedur telah berjalan dengan baik dan produksi dapat berlanjut, Sehingga akan membuat kepercayaan konsumen akan meningkat secara otomatis.

No comments:

Post a Comment