Biaya Sertifikasi ISO 9001, ISO 14001, ISO 45001

Biaya Sertifikasi ISO 9001, ISO 14001, ISO 45001 & Lain - Lain


Badan Sertifikasi ISO - Jika saat ini kita mencari informasi tentang biaya sertifikasi ISO tentu akan sangat mudah menemukannya, namun apakah informasi yang di dapat tersebut valid infonya? Agar anda tidak salah dalam mendapatkan informasi tersebut simak tulisan berikut ini.

Untuk biaya sertifikasi ISO 9001, ISO 14001, OHSAS 18001 / ISO 45001 sangatlah bervariasi, hal tersebut bergantung pada analisa dan penilaian yang dilakukan oleh lembaga sertifikasi yang sudah anda pilih. Organisasi harus mempersiapkan biaya yang terdiri dari 2 bagian, yang pertama ialah biaya persiapan untuk mendapatkan sertifikat dan biaya untuk sertifikatnya sendiri.

Jika organisasi sudah memilih badan sertifikasi maka kutipan harga untuk mendapatkan sertifikat tersebut dapat didapatkan dengan kutipan yang diberikan oleh lembaga tersebut. Tentunya Lembaga sertifikasi tersebut sebelum memberikan informasi harga biasanya akan mengajukan pertanyaan tentang sistem manajemen yang ada di perusahaan anda secara detail. Contohnya saat audit, apakah menggunakan auditor internal dari perusahaan atau menggunakan auditor eksternal dari lembaga sertifikasi.

Ada beberapa organisasi dan perusahaan yang ingin mengurangi biaya sertifikat dengan menggunakan internal auditor sendiri, namun bila organisasi tidak mempunyai internal auditor maka harus mengeluarkan biaya agar bisa menggunakan eksternal auditor dari badan sertifikasi yang dipilih. Untuk menilai secara memadai pekerjaan dan operasional dari bisnis yang terlibat dari ruang lingkup tugas dan biaya dengan tingkat kepercayaan serta akurasi ketepatan tertentu.

Berikut beberapa hal yang mempengaruhi biaya sertifikasi ISO, diantarnya adalah sebagai berikut :


Baca Juga : Jasa Konsultan ISO

Sumber daya yang dimiliki : keterampilan, experience, dan waktu yang tersedia, seberapa rumitnya desain dari pelayanan, produk yang dihasilkan organisasi, apakah ada prosedur, alur diagram operasional, data periksa, formulir, kebijakan atau deskripsi pekerjaan, seberapa baik sistem perusahaan tersebut di dokumentasikan, perbedaan antara perusahaan dan persyaratan standarisasi, ukuran serta besarnya organisasi, kenapa organisasi menginginkan sertifikasi, apakah staff dan karyawan bersedia terbuka terhadap perubahaan yang akan di lakukan, berapa banyak perubahaan yang mesi di lakukan, budaya sistem manajemen di organisasi tersebut, dan seberapa besar komitmen dari pemilik bisnis dan manajemen di perusahan tersebut.

Dalam menentukan biaya yang diperlukan untuk menggunakan sebuah badan sertifikasi, sangatlah penting untuk diingat bahwa skope dari sertifikasinya, jumlah karyawan serta jenis badan sertifikasi tersebut sangatlah berpengaruh. Untuk skope dari sertifikasinya, ukuran sangatlah berpengaruh untuk biaya sertifikasi sebuah perusahaan. Semakin besar lingkup ruang kerja perusahaan itu (site, workshop atau kantor), semakin besar pula biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan tersebut. Maka dari itu, penentuan lingkup sertifikasi sebuah organisasi atau perusahaan haruslah dipilih secara tepat, misalnya hanya workshop, hanya kantor atau hanya sitenya saja. Jumlah karyawan pun berpengaruh terhadap biaya yang harus dikeluarkan oleh sebuah perusahaan untuk mendapatkan sertifikasi ISO. Biasanya badan sertifikasi hanya menghitung jumlah karyawan tetap, namun untuk sistem manajemen yang lain bisa dihitung jumlah keseluruhan karyawan.

Dalam memilih badan sertifikasi pun, sebuah perusahaan haruslah berhati-hati karena jelas sekali bahwa biasanya badan sertifikasi yang berkualitas akan menerapkan harga yang mahal. Namun sebenarnya harga-harga yang ada di pasaran tidak akan jauh berbeda. Tidak bisa dipastikan bahwa harga sertifikasi yang mahal bisa memastikan implementasi ISO yang bagus untuk sebuah perusahaan. Bagus tidaknya sistem manajemen sebuah perusahaan tidak dapat diukur dari seberapa mahal perusahaan tersebut membayar untuk sertifikat yang didapatkan, melainkan harus diserahkan kepada auditor yang merevisi setiap 6 bulan sekali atau setahun sekali. Biaya sertifikasi ISO dapat dengan mudah menjadi investasi yang baik untuk jangka waktu yang panjang.

Sumber : 
https://www.iso.org

No comments:

Post a Comment